Kecipir cukup terkenal sebagai tanaman yang dimanfaatkan sebagai sayuran. Selain sebagai sayuran, kecipir yang tergolong tumbuhan merambat, kaya akan manfaat. Kecipr dapat dimanfaatkan sebagai tanaman herbal untuk mengobati berbagai penyakit dan penambat nitrogen di tanah.

Kecipir merupakan tumbuhan dari famili Fabaceae (dikenal juga sebagai Leguminosae) atau polong-polongan. Nama latin tumbuhan ini adalah Psophocarpus tetragonolobus(L.) DC. dengan beberapa nama sinonim seperti Botor tetragonoloba (L.) Kuntze, Botor tetragonolobus (L.) Kuntze, Dolichos ovatus Graham, dan Dolichos tetragonolobus L.

Di Indonesia, kecipir dikenal dengan beberapa nama lokal seperti kacang botol, kacang embing, dan  kacang belingbing (Sumatera). Juga jaat (Sunda), cipir, cicipir, dan kecipir (Jawa), kelongkang (Bali), biraro (Manado, Ternate), kacang botor, kacang botol, dan kacang kumbotor (Kalimantan). Dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Asparagus Bean, Asparagus Pea, Goa Bean, Princess Bean, Wing Bean, Winged Bean, atau Pois Carre.

Manfaat Kecipir

Kecipir merupakan tanaman dengan berbagai manfaat. Buah dan daun muda biasa digunakan sebagai sayuran dan lalapan. Bijinya dapat juga diambil tepungnya, dimakan, atau digunakan untuk membuat minyak goreng dan susu. Akarnya yang menggelembung dan membentuk umbi dapat dimakan. Biji kecipir mempunyai kandungan protein dan lemak yang tinggi, selain fosfor, kalsium, dan magnesium. Pada biji dan daunnya juga  mengandung flavonoid, saponin, dan tanin.

Selain itu Kecipir juga mempunyai khasiat herbal diantaranya sebagai obat mata dan radang telinga, mengobati bisul, penambah nafsu makan, dan anti oksidan. Kandungan protein dan lemaknya yang tinggi membuat Kecipir bisa digunakan sebagai pengganti daging.

Write a review

Note: HTML is not translated!
    Bad           Good

Kecipir

  • Brands Apple
  • Product Code: Product 5
  • Availability: In Stock
  • $122.00

  • Ex Tax: $100.00